Mengatasi Radang Tenggorokan

Anak anak sangat mudah terserang radang tenggorokan dan seringkali disertai kasus tonsilitis.

Berikut adalah gejala radang tenggorokan yang perlu diketahui :
radang tenggorokan
1. Demam; gejala yang sangat umum untuk radang tenggorokan, walaupun virus juga dapat menyebabkan demam. Demam yang lebih tinggi dari 38,5C selama lebih dari 3 hari mungkin menandakan radang tenggorokan.
2. Tenggorokan dengan 'noda-noda' merah terang pada bagian belakang dinding tenggorok dan lendir keputihan pada tonsil /amandel. Dengan catatan, beberapa virus juga dapat menampakkan gejala serupa, bahkan kadang radang tenggorokan tidak tampak separah ini.
3. Terpapar oleh seseorang yang diketahui menderita radang tenggorokan.
4. Kelenjar-getah-bening-pada-leher yang membengkak.
5. Dapat disertai sakit kepala, sakit perut, dan muntah-muntah.

Jangan tergesa-gesa datang ke dokter pada gejala pertama radang tenggorokan. Tunggu 1 – 2 hari untuk pengamatan, sabar aja…, atau tunggu hingga demam berlangsung 72 jam. Jika gejala yang dialami mulai menyerupai gambaran radang tenggorokan yang telah disebutkan, cobalah konsultasi dengan dokter.

Logikanya: jika disebabkan oleh bakteri, maka pengobatan dilakukan dengan pemberian antibiotik. Jangan dibalik: jika diberi antibiotik maka sakitnya disebabkan oleh bakteri. Lalu bagaimana kalau ternyata penyebabnya virus? Yang dapat dilakukan hanya meringankan gejala radang tenggorokan nya saja, dan akan sembuh dalam 3-4 hari.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Waspadai Efek Samping Dari Operasi Amandel